Belajar Sendiri Belajar Mandiri

 

notebook-hero-workspace-minimal
pexels.com

 

Beberapa bulan lalu, saya mencari aktivitas yang ‘berbeda’ dengan pekerjaan saya sehari-hari. Sebenarnya, saya memiliki banyak waktu luang. Yang terpikir adalah ikut kursus gratis secara daring.

Saya pun mulai berburu kursus di internet yang setidaknya bisa menambah pengetahuan atau wawasan baru. Saya mencari kursus yang sesuai dengan hobi atau kesukaan. Salah satu hobi saya adalah menonton film Korea dan Jepang. Saya lalu mengikuti kursus dasar bahasa Korea di laman coursera.org. Kursus ini diselenggarakan oleh Yonsei University, universitas favorit di negeri asal Lee Minho.

Kursus Korean 1 ini ditujukan bagi siapa pun yang sudah mengenal abjad Korea, hangeul. Kursusnya memang untuk level dasar. Karena sudah bisa baca hangeul, saya ingin menambah kemampuan berkomunikasi sehari-hari dengan orang Korea. Siapa tahu saya bisa liburan lagi ke Korea dan langsung praktik ‘cas cis cus’ sedikit kalau mengobrol atau menawar barang di pasar.

Konten kursusnya menarik karena ada video tentang uraian pelajaran dari dosen, daftar kosakata, kuis, tata bahasa, contoh percakapan, dan setiap pekan ada ujiannya! Waktu pengerjaannya ‘suka-suka’ alias diatur sendiri asalkan selesai sebelum tenggat.

Kursus ini merupakan jenis kursus mandiri atau otodidak. Konsistensi dan kedisiplinan diri diuji. Saya harus bersyukur karena hidup pada zaman yang akses untuk belajar secara otodidak itu mudah dan tanpa biaya. Banyak sumbernya di internet. Namun, harus dipilih dan dipilah juga tempat berbagi ilmu yang akan dipelajari.

Berikut ini laman yang bisa diakses untuk menambah pengetahuan dari berbagai universitas terkenal juga langsung dari ahlinya.

  1. coursera.org
  2. future learn
  3. edx.org
  4. indonesiax
  5. stanford online

Rata-rata laman ini menawarkan kursus secara gratis kecuali kalau ingin memiliki sertifikatnya, ya harus bayar (rata-rata pakai kurs dolar AS). Selain itu, laman lainnya ada di http://www.openculture.com/freeonlinecourses.

Selamat belajar sendiri belajar mandiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s